Let's Chat

7 Cara Mengatasi Stres Pada Ibu Hamil

207941687 246648326797156 6252065688724885989 n

Perubahan hormon saat kehamilan dapat menyebabkan ibu lebih mudah mengalami perubahan suasana hati. Di mana perubahan suasana hati ini sering kali memicu stres. Stres tentu saja merupakan hal yang harus dihindari selama kehamilan. Hal ini tak lain demi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya.

Stres yang dialami ibu hamil tak hanya terjadi karena perubahan hormon tetapi juga kerap dipicu oleh faktor eksternal seperti kurang adanya dukungan moril bagi sang ibu selama kehamilan.

Stres pada masa kehamilan berpotensi menimbulkan dampak serius bagi ibu hamil dan bayinya. Salah satunya yang kerap terjadi adalah komplikasi persalinan di mana terjadi penyimpangan dari normal, yang secara langsung menyebabkan kesakitan dan kematian ibu maupun bayinya.

Untuk menjaga risiko yang lebih serius, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui cara-cara mengatasi stres selama kehamilan. Berikut ini informasinya telah dirangkum dari Liputan6.com:

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Cara mengatasi stres saat hamil yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Sebab tubuh yang harum dan bersih juga dapat mengubah mood jadi jauh lebih baik. Jaga terus kebersihan tubuh dan wajah dengan produk aman bagi ibu hamil. Maka sepanjang hari, kamu bisa terlihat cantik dan segar.

2. Olahraga Ringan

Cara mengatasi stres saat hamil berikutnya adalah dengan melakukan olahraga ringan. Tak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga baik untuk manajemen berat badan agar terhindar dari diabetes. Olahraga yang bisa kamu lakukan seperti jalan kaki, senam hamil, yoga, dan masih banyak lagi.

3. Istirahat Cukup

Istirahat dengan cukup dipercaya dapat menghilangkan stres dan mencegah keguguran. Jika kamu sudah hamil 23 minggu, maka janin sudah bisa mendengar sehingga ibu bisa beristirahat sembari berkomunikasi dengan jabang bayi.

Sebaiknya hindari tidur pada pagi hari, ya. Tidur pagi bagi ibu hamil dapat menyebabkan insomnia, lesu, gangguan metabolisme, sulit konsentrasi, sakit kepala, hingga kebanyakan cairan ketuban.

4. Hirup Udara Segar

Menghirup udara segar menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting bagi ibu hamil. Hal ini dilakukan demi terhindar dari risiko stres yang berlebihan. Pagi hari adalah waktu yang sempurna untuk menikmati udara segar. Jalan-jalan di pagi hari saat udara masih segar dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia.

5. Bergabung dengan Komunitas

Saat masa kehamilan, kamu bisa bergabung dengan komunitas tertentu seperti grup ibu hamil. Di sana, kamu bisa bertukar pikiran dan mendapat ilmu baru seputar kehamilan. Dengan begitu, kamu dapat bersemangat menjalani semua proses kehamilan hingga kelahiran.

6. Curhat dengan Pasangan

Cara menghilangkan stres saat hamil yang paling manjur adalah dengan berbicara pada pasangan. Peran suami untuk istri yang sedang hamil sangat penting, karena dapat membantu menghilangkan rasa khawatir yang berlebihan.

7. Makanan Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi menjadi salah satu kunci penting untuk terhindar dari stres selama kehamilan. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi dapat mengurangi tekanan darah yang membuat janin lebih nyaman.

Beberapa makanan yang harus banyak dikonsumsi adalah ikan salmon, kacang hijau, kalkun, ayam tanpa lemak, buah-buahan segar, dan yoghurt. Agar tidak kehilangan konsentrasi, maka perbanyak minum air putih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *